



Inilah Galeri Indonesia WOW (GIW) yang segera diluncurkan oleh Smesco Indonesia. Sebuah galeri yang menjadi terobosan baru menyambut menyambut datangnya moment terpenting Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). (slide off)
Galeri ini disiapkan sebagai arena pertemuan pelaku UKM dan pemain pasar negara-negara di Asia Tenggara. Ini menjadi suatu ajang pembuktian bagi Smesco Indonesia untuk mempresentasikan keberhasilannya dalam merealisasikan produk-produk UKM menjadi karya-karya kreatif yang mencengangkan di mata pemain luar negeri.
Ide brilian ini akan segera digelar di Smesco Tower dalam program program pembinaan yang strategis, yang diluncurkan pada Oktober 2015 ini.
Disisi lain, lembaga ini akan lebih gencar mendorong promosi dan pemasaran karya-karya putra bangsa di berbagai lini pasar. Artinya, beberapa langkah lagi produk-produk keluaran negeri ini diprediksi mampu merajai pasar Asia Tenggara dan layak menjadi tuan rumah di negeri sendiri.
Dua lantai gedung SMESCO Tower telah dibangun sebagai aplikasi untuk mendorong setiap jenis produk memiliki positioning, differentiation, dan di-branding dengan nama Galeri Indonesia WOW (GIW). Galeri ini dibangun menjadi beberapa bagian ruang yang masing-masing memiliki fungsi yang spesifik, yaitu sebagai experiment lab, creative hub, co-working space, curated concept store, dan investor meeting place.
Target pasar dari Galeri Indonesia WOW membidik tiga komunitas utama, yakni segmen youth, woman, dan netizen. Dari ketiga segmen tersebut akan diperoleh pelaku-pelaku UKM yang kreatif, produktif, memiliki gagasan-gagasan terkini sebagai trend setter, sehingga mampu menarik minat private equity atau investor.
Realitas saat ini, keberadaan Smesco Indonesia telah diperhitungkan oleh berbagai negara seperti Malaysia, Afrika Selatan, Mesir, Thailand, sekaligus perwakilan Mahkamah Konstitusi (MK) se-Asia.
Direktur Utama Smesco Indonesia Ahmad Zabadi memastikan bahwa target GIW mampu menjaring lebih dari 500 UKM. Menurutnya, mereka akan melahirkan produk-produk yang berpotensi ekspor. Diyakininya, hal itu tak akan sulit karena menurutnya kurasi pada KUKM Galeri Indonesia WOW dipacu melalui kegiatan UKM Day Indonesia Marketers Festival di 17 kota seluruh Indonesia didukung oleh tim MarkPlus.
Untuk meningkatkan kemampuan sebagai pelaku pasar, para KUKM pun secara terus menerus didorong untuk menggelar temu mitra. Tujuannya, untuk merangsang kemampuan pemasaran para UKM. Jika dorongan itu membawa kemajuan, para UKM terpilih akan diikutsertakan dalam eksibisi-eksibisi di berbagai kota di Indonesia dan di luar negeri.
(Erwin E Ananto)

